Persaingan pasar
otomotif dalam segmentasi motor skuter matik kelas 150 cc paling premium
sekarang sedang dikuasai oleh produsen motor asal negeri Sakura yang
memiliki lambang kebanggaan sayap mengepak dengan produk andalannya yakni Honda
PCX 150. Tetapi fakta tersebut tidak mampu membuat Honda tenang dan melenggang
sendirian. Tidak mau tinggal diam mengamati dominasi Honda maka Yamaha yang
merupakan produsen motor satu negara dengan Honda menciptakan skuter matik
premium kelas 150 cc terbaru yang diberi nama Yamaha NMAX. Peluncuran skuter
matik Yamaha terbaru ini sudah dilaksanakan pada 23 Januari 2015 lalu.
Sedangkan untuk perilisan Yamaha NMAX secara resmi oleh YIMM (Yamaha Indonesia
Motor Manufacturing) akan dilaksanakan pada bulan Februari 2015 mendatang. Nah
apakah keunggulan dari Yamaha NMAX dibandingkan produk skutik premium rivalnya
tersebut? Simak ulasannya berikut ini ya bro dan sis.
Perlu bro dan sis
ketahui bahwa Yamaha NMAX terbaru ini adalah produk global kedua yang
diciptakan oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) setelah Yamaha YZF
R25. Berbeda dengan produk rival yang merupakan produk CBU (Completely Build
Unit) asal Vietnam membuat skutik Honda tersebut memiliki harga yang sangat
tinggi. Sedangkan Yamaha NMAX membawa beberapa fitur yang lebih canggih seperti
Blue Core, ABS (Anti-Lock Brake System) dan VVA (Variable Valve Actuation). Meskipun
memiliki fitur yang melimpah tak membuat harga skutik Yamaha berada
pada kisaran yang tinggi karena produk skutik premium ini diciptakan di
Indonesia langsung. Bahkan sesuai informasi yang beredar harga dari Yamaha NMAX
akan jauh lebih murah dibandingkan PCX 150. Nah apakah yang membuat digdaya
produk skuter matik premium terbaru dari Yamaha ini? Simak ulasan lengkap
mengenai Yamaha NMAX pada segmen-segmen di bawah ini.
Desain Skutik Premium Modern Full Sporty
Tidak berlebihan ya bro dan sis, apabila Mas Sena memberikan sub judul
tersebut untuk motor Yamaha ini. Jika kita perhatikan dengan seksama
desain yang dianut pada spesifikasi Yamaha NMAX ini tampak mirip sekali
dengan produk skutik premium global Yamaha yakni Yamaha NMAX dan Yamaha Majesty.
Mulai dari tampak samping skutik premium terbaru dari Yamaha ini sangat
terlihat modern, sporty dan mewah. Dengan memiliki beberapa bagian yang
terlihat tidak menyatu karena memiliki warna yang berbeda pada sisi bodi
samping dengan bodi samping bagian bawah membuat Yamaha NMAX ini tampak
futuristik dan modern. Sebuah emblem NMAX pada bagian bodi samping bagian
belakang akan memberikan identitas bahwa skutik ini memiliki performa yang
maksimal. Lalu pada bagian depan skutik ini yang memiliki desain fairing khas
skutik moge membuat Yamaha NMAX tampak gagah.
Apalagi pada visor bagian depan yang berukuran besar pada spesifikasi
Yamaha NMAX semakin menambah aura full sporty pada skutik premium Yamaha
terbaru ini. Sedangkan pada joknya memiliki ukuran yang sangat luas dan empuk
akan memberikan kenyamanan berkendara saat berada di atas Yamaha NMAX ini.
Didukung dengan pijakan kaki bagian bawah yang dirancang seperti moge semacam
HD (Harley Davidson) membuat pengendara sangat betah dan sangat nyaman dalam
melakukan perjalanan dengan Yamaha NMAX ini. Bahkan memiliki stang yang
sepertinya berjenis Cruiser yang memiliki ketinggian pas semakin membuat nyaman
pengendara dalam mengemudikan skutik premium yang gambot ini.
Desain Lampu yang Futuristik dan Modern
Selanjutnya untuk desain lampu pada spesifikasi Yamaha NMAX ini
terlihat sangat futuristik dan modern pada semua sisinya. Mulai dari bagian
depan yang memiliki desain headlamp berukuran besar yang terlihat seperti
headlamp sport bike Kawasaki Ninja lawas membuat skutik ini semakin nampak
menawan. Tetapi sayang sekali belum diketahui jenis lampu apa yang digunakan
pada headlamp Yamaha NMAX, diperkirakan sudah menggunakan jenis LED sehingga
akan memberikan pencahayaan yang terang dan maksimal pada saat berkendara di
kondisi gelap atau malam hari. Turun ke bagian bawah terdapat 2 buah lampu sein
yang menjadi satu dengan fairing samping membuat skutik premium ini semakin
terlihat sporty dan futuristik. Lalu pindah ke bagian belakang dari Yamaha NMAX
yang sangat besar khas skutik moge yang sporty dan menawan. Di bagian tersebut
memiliki sebuah stoplamp dan sein yang menggabung menjadi satu menghasilkan
pancaran sinar yang terang karena sudah menggunakan lampu LED sehingga akan
memberikan tanda yang jelas bagi pengendara di belakang Yamaha NMAX untuk
waspada dan berhati-hati.
Panel Spedometer Lengkap yang Modern
Beralih ke sektor spedometer dari spesifikasi Yamaha NMAX yang terdapat
pada bagian depan stang/kemudi skutik ini. Memiliki bentuk spedometer yang
tidak terlalu besar nampaknya membuat bagian depan dari skutik premium ini
kurang proporsional. Tetapi kesan tersebut langsung dihilangkan karena Yamaha
NMAX memiliki desain spedometer yang FULL LCD dengan beberapa panel yang
lengkap dan berisi tombol fitur yang dapat diaktifkan sewaktu-waktu. Panel
tersebut mulai dari penunjuk jam, indikator kecepatan, indikator trip meter,
indikator bahan bakar, indikator lampu utama, indikator lampu sein dan
indikator mesin. Dengan beberapa panel tersebut dirasa sudah cukup baik dalam
mengetahui kondisi Yamaha NMAX pada saat digunakan.
Dimensi Besar Khas Skutik Moge yang Tangguh
Sedangkan untuk dimensi dari spesifikasi Yamaha NMAX terlihat lebih tangguh
dan handal dibandingkan dengan Honda PCX 150. Memiliki dimensi yang lebih besar
dibandingkan dengan PCX 150 yaitu 1966 x 740 x 1115 mm nyatanya tak membuat
motor matik ini menghasilkan bobot lebih besar karena hanya memiliki berat
127 kg. Dengan dimensi tersebut membuat Yamaha NMAX lebih mantap untuk
dikendarai untuk perjalanan jarak jauh (Touring). Apalagi dengan bobot yang
lebih ringan 3 kg dari PCX 150 membuat Yamaha NMAX semakin terasa responsif.
Lalu untuk kapasitas tangki bahan bakar yang lebih besar yaitu 6.8 liter
dibandingkan dengan PCX yang hanya sanggup menampung 5.9 liter membuat motor
Yamaha ini unggul dalam melakukan perjalanan jarak jauh. Karena dengan
sekali pengisian tangki bahan bakar secara penuh Yamaha NMAX dapat menempuh
jarak yang lebih jauh. Sedangkan untuk kapasitas bagasinya dari motor matik
Yamaha ini belum diketahui secara pasti. Diperkirakan dengan dimensi yang
lebih besar pun Yamaha NMAX memberikan kapasitas bagasi yang lebih besar
sehingga akan memberikan keleluasaan pengendara untuk menyimpan barang-barang
dengan aman dan nyaman.
Kaki-Kaki Lebih Besar dan Tangguh
Sedangkan pada kaki-kakinya, spesifikasi Yamaha NMAX ini memiliki ukuran
yang lebih gambot/besar dibandingkan dengan produk rivalnya tersebut. Mulai
dari basis rangka yang digunakan Yamaha NMAX adalah jenis underbone
dipastikan akan menghasilkan frame yang lebih ringan dibandingkan jenis
backbone yang diusung PCX 150 sehingga akan memberikan performa yang stabil dan
responsif. Lalu kaki-kaki yang memiliki ukuran lebih besar serta lebih lebar
yaitu 110/70 pada bagian depan dan 130/70 dengan velg berukuran 13 inci membuat
Yamaha NMAX ini lebih stabil dalam melaju di segala jenis lintasan. Namun ukuran
velg yang agaknya sedikit ‘nyleneh’ karena berbeda dengan skutik pada umumnya
yang berukuran 14 inci sepertinya akan membuat kesusahan pengguna dalam
mengganti ban skutik premium ini. Sedangkan suspensi Yamaha NMAX pun juga
lebih tangguh dibandingkan dengan produk rivalnya karena menggunakan jenis
teleskopik pada bagian depan dan unit swing pada bagian belakang membuat skutik
ini menghasilkan performa handling yang sangat mumpuni untuk bermanuver. Tidak
hanya itu sektor pengereman yang ada pada spesifikasi Yamaha NMAX pun
lebih unggul karena telah menggunakan jenis single disc brake pada kedua
rodanya yang berbeda dengan PCX yang masih menggunakan tipe tromol pada bagian
roda belakangnya. Apalagi dengan fitur pengereman kelas wahid yakni ABS semakin
membuat Yamaha NMAX aman dan nyaman dalam melakukan pengereman mendadak
sewaktu-waktu.
Dapur Pacu Lebih Powerfull dan Handal
Tidak henti-hentinya spesifikasi Yamaha NMAX ini memukul telak PCX 150.
Pada ulasan kali ini Mas Sena akan mengulas dapur pacu dari Yamaha NMAX.
Menggunakan mesin 4 Stroke (SOHC) dengan kubikasi sedikit lebih besar yaitu 155
cc dengan rasio kompresi pembakaran 10.5:1 membuat Yamaha NMAX menghasilkan
tenaga yang lebih besar dari produk rivalnya tersebut. Mesin berkapasitas
tersebut menyemburkan tenaga maksimal mencapai 14.8 Hp pada 8.000 RPM dengan
torsi maksimal mencapai 14.4 Nm pada 6.000 RPM membuat Yamaha NMAX akan melesat
lebih cepat karena PCX 150 hanya memiliki tenaga 13.1 Hp 8.500 RPM dengan torsi
13.1 Nm 5.500 RPM. Apalagi ditunjang dengan bobot yang lebih ringan 3 kg
menghasilkan PWR (Power to Weight Ratio) yang lebih besar dan lebih unggul
yaitu 0.0874 kW/Kg dibandingkan PCX 150 yang hanya nangkring di angka 0.0749
kW/Kg. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi otomatis berjenis V-Belt
menghasilkan akselerasi yang maksimal. Dengan teknologi Blue Core terbaru
andalan Yamaha pun membuat Yamaha NMAX semakin menghasilkan performa responsif
dan hemat bahan bakar.
Fitur ABS Memberikan Kenyamanan Berkendara
Diketahui bahwa fitur-fitur yang terdapat pada spesifikasi Yamaha NMAX
merupakan fitur canggih dan modern yang dimiliki oleh skutik premium ini di
kelasnya. Pertama yaitu fitur pengereman kelas wahid yakni ABS (Anti-Lock Brake
System) yang disematkan pada bagian rem depan dan belakang akan membuat
pengendara Yamaha NMAX lebih terjamin keselamatannya jika melakukan pengereman
mendadak sewaktu terjadi kejadian yang dapat mengakibatkan kecelakaan fatal.
Fitur pengereman tersebut akan mencegah terjadinya ban terkunci pada saat
melakukan pengereman mendadak sehingga akan meminimalisir terjadinya
kecelakaan. Kedua adalah VVA(Variable Valve Actuation) yang merupakan hasil
kerja sama dari sebuah produsen mobil asal Jepang yang begitu besar dan populer
yaitu Toyota Motor Corporation. Teknologi pada spesifikasi Yamaha
NMAX tersebut mirip dengan teknologi mesin VVT-i yang ditemukan pada
sebagian besar mobil yang diciptakan, di mana dengan teknologi tersebut diklaim
akan menghasilkan mesin yang semakin efisien, bertenaga, ramah lingkungan dan
hemat bahan bakar. Apalagi fitur pada Yamaha NMAX tersebut dipadukan dengan
teknologi Blue Core terbaru andalan Yamaha yang membuat berkendara semakin
nyaman, aman dan asyik.
Selanjutnya spesifikasi Yamaha NMAX ini juga memiliki frame yang diklaim
sangat ringan dan tangguh sehingga menghasilkan performa handling yang lebih
responsif, sporty dan handal. Selain itu Yamaha NMAX ini diklaim juga
memiliki fitur spedometer yang lebih lengkap dan unggul karena memiliki fitur
MID yang sangat berguna. Menggunakan velg berukuran 13 inci yang didesain
khusus pun akan memberikan pengendalian Yamaha NMAX yang alami dan sporty. Gaya
Nama NMAX yang unik juga bakal memberikan kesan moge skutik Yamaha yang
memiliki DNA/Gen MAX Series, seperti Yamaha TMAX, Yamaha XMAX, Yamaha Majesty
dan lain-lain. Sedangkan untuk fitur fungsional standar skuter matik lainnya
masih belum diketahui secara jelas. Diperkirakan spesifikasi Yamaha NMAX ini
memiliki fitur fungsional yang sama dengan matik-matik Yamaha di bawahnya. Bisa
jadi Yamaha NMAX ini juga bakal memiliki fitur fungsional yang lebih modern dan
canggih untuk menantang PCX 150.